-->

Kunker Di Sulut, Sekjen KPU RI Tekankan 3 Hal

25 March 2022, 11:04:00 PM WIB Last Updated 2022-03-31T08:09:18Z


Newsblessing.com, SULUT - Sekretaris Jenderal KPU RI Bernad Dermawan Sutrisno beserta jajaran Pejabat Sekretariat Eselon II, III dan IV KPU RI melakukan kunjungan kerja (kunker) kelembagaan ke KPU Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (24/3/2022).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Sekjen menghadiri dan menyampaikan pengarahan acara Rapat Konsolidasi Kesekretariatan Dalam Rangka Persiapan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Rapat digelar di Aula KPU Sulut, Bernad Dermawan Sutrisno menekankan beberapa hal mengenai persiapan kesiapan jajaran Kesekretariatan KPU untuk mendukung pelaksaan tugas-tugas penyelenggaran Pemilu di skala nasional maupun di tingkat Provinsi ataupun Kabupaten dan Kota.

Dalam pengarahannya, Bernad yang sebelumnya menjabat Sekretaris DKPP RI tersebut, menekankan 3 hal yaitu: konsolidasi, koordinasi dan kompetensi.

“Saya meminta jajaran sekretariat agar melakukan konsolidasi sebelum tahapan, sehingga ketika telah memasuki tahapan, kita telah semakin solid,” ungkapnya.

Terkait koordinasi, alumni SMAN Kawangkoan tersebut menekankan peningkatan sinergitas dengan lembaga-lembaga terkait.

“KPU tak bisa menyelenggarakan pemilu sendiri. Kita butuh kerjasama, koordinasi, dan dukungan lembaga lainnya,” ungkap Bernad.

Hal ketiga yang disampaikan Sekjen KPU adalah pentingnya meningkatkan kompetensi SDM Sekretariat menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024.

Rapat konsolidasi yang pertama kali digelar di tahun 2022 tersebut diawali dengan sambutan dari Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh yang mengucapkan selamat datang kepada Sekretaris Jenderal dan jajaran Kesekretariatan KPU RI yang hadir.

“Kami sangat senang Pak Sekjen dan rombongan bisa mengunjungi kami di Sulawesi Utara,” ungkap Mewoh seraya berterima kasih atas silaturahmi ke Sulawesi Utara dan berharap mendapatkan arahan demi penguatan kelembangaan di KPU Provinsi Sulawesi Utara menyambut pemilu dan pemilihan di tahun 2024.

Usai sambutan Ketua KPU Sulut, Rakor yang dihadiri seluruh Sekretaris KPU Kabupaten dan Kota di Sulut tersebut, dilanjutkan dengan penyampaian laporan dari Sekretaris KPU Sulut Pujiastuti terkait kesiapan Sekretariat KPU Sulut menghadapi tahapan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Pujiastuti dalam paparannya lebih menitikberatkan terkait kesiapan SDM serta sarana prasana, yang mana beliau menginformasikan data terkini PNS dan Non PNS serta inventarisasi sarana dan prasarana baik itu berupa tanah, bangunan/gedung maupun kendaraan yang ada di 16 satker KPU se- Sulut.

Melengkapi kegiatan Rakor dilakukan diskusi ataupun dialog tentang dukungan kesekretariatan secara teknis maupun dari sisi akademis yang dimoderatori oleh Tenaga Ahli KPU RI Santo Gotia dan hadir sebagai narasumber Dr.Ferry Daud M. Liando yang adalah Tim Pakar Kesekjenan KPU RI.

Turut hadir dalam kegiatan ini Anggota KPU Provinsi Sulawesi Utara Yessy Momongan dan Meidy Tinangon serta seluruh Sekretaris KPU Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara beserta jajaran Pejabat Sekretariat eselon II, III, IV KPU Provinsi Sulawesi Utara.

Sebelum menghadiri rapat konsolidasi di KPU Sulut, Sekjen KPU RI berkesempatan melakukan kunjungan inspeksi ke Kantor KPU Minahasa Utara dan KPU Kota Manado.(*/Olvie)

Komentar

Tampilkan

Terkini

ekonomi dan bisnis

+